Wednesday, August 8, 2012

Tabel Keuntungan SPBU dengan pengelolaan Profesional


 Penjualan/hari                             Keuntungan Minimal
10.000
Liter
=
Rp.    46.500.000,-
15.000
Liter
=
Rp.    73.000.000,-
20.000
Liter
=
Rp.    97.000.000,-
25.000
Liter
=
Rp.  121.000.000,-
30.000
Liter
=
Rp.  145.000.000,-
  
Kadangkala Pengusaha SPBU tidak memiliki cukup waktu untuk mengawasi operasional usaha tersebut, sehingga terjadi kebocoran-kebocoran biaya yang akhirnya mengurangi keuntungan perusahaan.

Disini saya mencoba memberikan ilustrasi perhitungan R/L sederhana tentang tabel diatas.

SPBU bersertifikat PastiPas Silver (perkiraan margin = Rp. 235,-)

Omzet Penjualan SPBU adalah 10.000 liter/hari atau 300.000 liter/bulan atau  Rp. 1.800.000.000,- (dikalikan harga Rp. 6.000,-)

Biaya Operasional 1.35% (prosentase tergantung dengan omzet) dikalikan omzet sebulan (dalam rupiah)

Biaya Penguapan 0% (Pengelolaan Profesional)

Sehingga didapatkan hitung-hitungan sebagai berikut:

Keuntungan kotor :
Omzet/hari (liter) X margin X 30 hari (sebulan)
10.000 X 237 X 30 = Rp. 71.100.000,-

Biaya Operasional :
Omzet/bulan X 1.35% (prosentase tergantung dengan omzet)
Rp. 1.800.000.000,- X 1.35% = Rp. 24.430.000,-

Keuntungan Bersih adalah : Keuntungan kotor dikurangi biaya operasional
Rp. 71.100.000,- dikurangi Rp. 24.430.000,- =  Rp. 46.670.000,-

Demikian ilustrasi R/L sederhana yang kami buat, kiranya dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk usaha SPBU Anda, apakah sudah dikelola secara professional apa belum. Dan apabila Anda memerlukan bantuan untuk perbaikan manajemen, kami siap membantu dengan senang hati. Terima Kasih.

41 comments:

  1. Ternyata laba dari seorang pe-bisnis SPBU lumayan juga yaw,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan Bapak/Ibu... tapi untuk nilai investasi sebuah usaha dalam pembuatan spbu, keuntungan tersebut kecil... akan tetapi kestabilannya bisa diandalkan.

      Delete
  2. maksudnya kecil di sisi investasi bgmn ya? trimakasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Investasi Spbu kan besar, jadi bila investasi itu ditanamkan pada jenis usaha yg lain, hasilnya bisa lebih besar usaha yg lain, hanya kalau di Spbu, keuntungan tersebut stabil...

      Delete
  3. Jadi berapa total investasi yg dibutuhkan untuk membuat spbu pak..trims

    ReplyDelete
  4. Total investasi, hanya untuk bangunan plus instalasi pemipaan dan pompa dispencer sekitar 6 miyard sd 7 milyard dengan luas tanah sekitar 3.000 M2, belum termasuk tanah dan perizinan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak saya butuh bantuan dalam rencana membuka sebuah spbu tahun ini. menurut bapak apa yang harus pertama kali saya lakukan. Apakah bapak memiliki rekomendasi lahan disekitar jabodetabek. Terima kasih

      Delete
    2. Pak, saya membutuhkan bantuan untuk membuat sebuah SPBU tahun ini. Menurut bapak apa yang harus pertama saya lakukan? Apakah bapak memiliki rekomendasi lahan yang bisa saya gunakan untuk membuat SPBU. Terima Kasih

      Delete
  5. Pak,.saya butuh bantuan dalam manajemen MSDM dalam mengatur karyawan,.disini saya sebagai pengawas,susah dalam pengaturan anak buah/karyawan
    mohon bantuannya,.atau kirim ke alamat email saya
    aida_che2@ymail.com
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak faktor yang mempengaruhinya dalam pewngelolaan sdm... anda dapat sms atau bbm langsung ke saya. Terima kasih.

      Delete
  6. pak g salah itu hitungnya??
    kok biaya operasional tinggi x???

    ReplyDelete
  7. Untuk biaya disini saya berdasarkan group... gabungan dari 8 spbu yang saya kelola, sehingga ini adalah biaya maksimal yang dikeluarkan. Akan tetapi, bila spbu nya hanya satu, pastinya biaya2 ini masih bisa ditekan lagi.

    ReplyDelete
  8. dari tabel penjualan itu cara bacanya bagaimana ?. Bukankah keuntungan marginnya itu Rp. 205,-

    ReplyDelete
  9. Tabel keuntungan maksudnya? apabila omzet spbu 10.000 ltr/hari diperkirakan keuntungannya Rp. 30 jt,-/bulan. Untuk margin memang Rp 205,-..... masih ada yang kurang jelas?

    ReplyDelete
  10. Pak,ortu saya punya SPBU yang biasa, tetapi selama 1 tahun ini terjadi pengurangan omset drastis, dengan uang modal utk pembelian BBM selalu minus terus, yang saya tanyakan apakah bapak ada tau konsultan audit SPBU di daerah Medan (Sumut) yang bisa audit SPBU orang tua saya, tetapi dengan budget yang jangan terlalu mahal, maklum pak sedang goyang keuangan..hehehehe...thanks ya pak info dan bantuannya... Salam Yos 085361206789

    ReplyDelete
  11. pak kl saya ingin ikut join / investasi mengelola spbu gmn caranya? apa ada pemilik spbu yg mau menyerahkan pengelolaan kpd org lain dan berapa kita harus membayar fee kpd pemilik spbu perbln nya ? tks (siska - sidoarjo)

    ReplyDelete
  12. Untuk lebih jelasnya hubungi saya di 081385000471 terima kasih.

    ReplyDelete
  13. Apakah penghitungan untuk operasional dah cukup pak segitu.misal untuk biaya operasional lain" ehem-ehem", maaf birokrasi di negara kita kan kurang begitu baik. Mungkin untuk jadwal pengiriman dr pertamina..atau pungutan2 yg laen..mksih sblumnya

    ReplyDelete
  14. Biaya operasional disini sudah mencakup semuanya Pak... jadi ini adalah angka2 maksimal yang dikeluarkan oleh spbu. Terima kasih.

    ReplyDelete
  15. Wah mantap memang kalu untung gede, yang saya tau banyak ga mungkin biaya penyusutan kecil dari pertamina saja toleransinya susut 0.15 % disini bisa 0 wah pompanya gmna tuh? belum bayar karyawan upah UMR jabodetabex 2 juta an, Biaya bongkar BBM, Keamanan,Tips buat pertamina,Jamsostex, wah banyak kali

    ReplyDelete
  16. Pompa tidak ada masalah Pak, kan sudah ada standart PastiPuas... kalau utk UMR Bekasi, Jakarta, Depok, Karawang dan Tangerang memang berat bagi Pengusaha... akan tetapi, utk overhaed yang lain tidak ada masalah... kenyataannya, 2003 kami baru memiliki 3 SPBU, sekarang sudah menjadi 8 SPBU.

    ReplyDelete
  17. wah.. hebat sekali pak

    ReplyDelete
  18. Brp modal pertama utk buka spbu di kota/kabupaten cirebon.trims

    ReplyDelete
  19. Pak ada spbu yg butuh pengelolaan ga ??
    Sekiranya saya dan team sanggup mengelolanya.

    ReplyDelete
  20. Maaf, ini dengan siapa? dan dimana? apakah anda sebelumnya atau saat ini kerja di spbu?

    ReplyDelete
  21. @pak Dedy: untuk modal hampir sama disemua daerah Pak, yang membedakan adalah harga tanahnya saja.

    ReplyDelete
  22. Pak, saya butuh bantuan untuk membuka sebuah SPBU tahun ini. Menurut bapak apa yang pertama kali harus saya lakukan? Apakah bapak punya rekomendasi lahan yang cocok untuk saya jadikan SPBU? Terima Kasih

    ReplyDelete
  23. Selamat malam Pak Chairil... saya siap membantu Pak... yang pertama menurut saya adalah, ketemu dengan saya agar mendapatkan penjelasan secara lengkap untuk pendirian spbu baru. Kalau untuk lokasi di Jadebotabek, masih ada dan memungkinkan Pak. Bisa hubungi saya di no 0823 11111 471 Pak. Terima kasih.

    ReplyDelete
  24. Pak , kalau hanya jualan solar dan premium aja masing masing 5000 l/ hari. Kira kara berapa dispenser yg dibutuhkan & Berapa biaya pembangunannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Zani yang terhormat, Kalau hanya 10 kl perhari, cukup 2 dispenser Pak... terima kasih.

      Delete
  25. Pak, saya mau sering hitung"an, mohon bantuanya jika hitungan saya ini keliru, perhitungan saya adalah jika saya mendirikan SPBU dengan 3 pompa dan 1 pompa memerlukan 2 orang maka saya hrus mempunya karyawan 6 orang dengan 2 shift jadinya 12 orang + 3 tenaga Admin, 3 tenaga keamanan 1 siang dan 2 malam, dan 2 tenaga kebun dan kebersihan jadi total keseluruhan 12 + 3 + 3 + 2 = 20 orang.
    dengan 20 orang dan dengan gaji UMP cntoh 2.250.000,- x 20 = 45.000.000,-
    jika dengan margin Rp 235 x 10.000 x 30 - 45.000.000,- = 25.000.000,-
    ini jika pola pengajian dgn dasar UMP. belum lagi jika ada yang lembur dll.
    selain biaya diatas brp biaya penyusutan dan biaya lain-lain dalam bentuk % dipotong dari laba bersih setelah dipotong pengupahan karyawan?
    demikian dan ats bantuanya kami ucapkan terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Nyoto Merauke yang terhormat, Presentase biaya yang tercantum di posting diatas sudah komplit, termasuk beban gaji didalamnya. untuk penguapan, bila dikelola secara profesional, bisa 0%... terima kasih.

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Pak, bagaimana kl pom bensin tsb bermodal dari pinjaman di bank. Sepertinya utk bayar cicilan saja masih tipis. Belum lagi biaya operasional. Mohon penjelasan. Terima kasih,Pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asalkan perbandingan minimal modal investasinya 60/40, insya Alloh tidak ada masalah Pak...

      Delete
  29. Pak, kalo untuk modal pembuatan SPBU sekarang ini, kira modalx berapa? Dengan dispenser 5 buah

    ReplyDelete
  30. Tanah sekitar 3.000M2, plus perizinan Pertamina dan Pemda dan Bangunan kurang lebih 10M, tapi kami juga akan menyesuaikan budget dari Pak Okto apabila serius untuk memuli bisnis SPBU... terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak, saya punya lahan dan perijinan bisa saya usahakan. Potensi sangat besar. Apakah bapak bersedia jadi investor?
      Wassalam.

      Delete
  31. Assalamualaikum pak, saya ada investor yg ingin ambil alih pom bensin.. beliau menunjuk sebagai operator namun sya tidak punya pengalaman dibidang ini.. mohon bantuan nya..

    ReplyDelete
  32. PAK.. berapa baiaya pembuatan SPBU dan jika modal dari pinkaman bank semua bagaimana ya pak.. terimakasih

    ReplyDelete