Friday, October 14, 2011

PastiPas Gold sajalah… Diamond?? MIMPI!!!!!


Pertamina melakukan pembenahan diri. Salah satunya adalah sertifikasi untuk SPBU-SPBU yang berlogo Pertamina. Kekhawatiran Pertamina sangatlah beralasan dengan adanya SPBU-SPBU asing yang masuk ke Indonesia. Adapun kelas sertifikasi tersebut mempunyai tingkat margin yang berbeda bagi setiap SPBU. Kelas – kelas sertifikasi untuk SPBU adalah :
1. Biasa dengan margin Rp. 222,-
2. Pertamina Way dengan margin Rp. 262,-
3. PastiPas Silver dengan margin Rp. 277,-
4. PastiPas Gold dengan margin Rp. 287,- dan
5. PastiPas Diamond dengan margin Rp. 302,
1. SPBU Biasa
SPBU dengan format lama yang tidak mau melakukan renovasi, akhirnya margin yang diterima juga sangatlah kecil. Rata-rata SPBU ini sudah berusia diatas 15 tahun. Dan menurut Pengusaha sudah balik modal, buat apa ikut program PastiPas. Sehingga para karyawan tidak mendapatkan keuntungan dari program PastiPas ini.
2. SPBU Pertamina Way
SPBU yang baru ikut dalam tahap sertifikasi mulai dari bentuk fisik, standar pelayanan PastiPas ( senyum, salam dan sapa) Pas Takaran, Pas Kembalian dan Pas Pelayanannya dinilai oleh Team Audit (sekarang TUV, sebelumny Intertex, dan dulu Berau Veritas) adalah Perusahaan yang memenangkan tender di Pertamina untuk melakukan sertifikasi SPBU. Disini, semuanya bekerja sama, baik Pengusaha maupun Karyawan semangat untuk mendapatkan sertifikat.
3. SPBU PastiPas Silver
SPBU dengan sertifikat awal dari Intertex mendapatkan Margin dari Pertamina yang berbeda dengan SPBU biasa. Selisih Margin dengan SPBU biasa sebesar Rp. 15,- inilah yang menjadi semangat para Karyawan. Karena 20% dari Margin ini harus dikembalikan kepada karyawan (reward) untuk menjadi pemacu semangat mengejar sertifikat yang lebih baik.
4. SPBU PastiPas Gold
SPBU dengan hanya menambah Pengisian Angin dan Air gratis, dan ada 1 Gerai ATM sudah bisa mengejar sertifkat ini. Ditambah dengan nilai total Pelayanan 85%(Gold dan Diamond sama). (untuk PastiPas Silver hanya 75%). Lebih mudah lagi kalau ada tambahan C-Store (minimarket).
5. SPBU PastiPas Diamond
SPBU dengan sertifikat paling tinggi di Indonesia, dan yang saya tahu hanya ada 1 SPBU di Indonesia yang mempunyai Sertifikat ini. Terlalu berat untuk di capai sertifikat ini dikarenakan harus ada 2 Bright (franchise Petamina) selain yang sudah ada standartnya dari SPBU PastiPas Gold. Apalagi untuk SPBU yang sudah berjalan dan mempunyai lahan yang terbatas. Nilai investasinya sangat besar.

No comments:

Post a Comment